Cara Ternak Ikan Lele 2 Bulan Panen



Cara Ternak Ikan Lele 2 Bulan Panen dengan media kolam terpal waktu ini jadi pilihan paling favorite dibanding dengan media yang lain. Tak hanya lebih ringkas, praktis, irit serta lebih gampang dikontrol. Cara ternak ikan lele2 bulan panen di kolam terpal ini juga jadi benar-benar popular karena mudahnya media serta bahan yang diperlukan untuk membudidayakan ikan ini tiada mesti mempunyai tempat yang luas.

Cara Ternak Ikan Lele 2 Bulan Panen

Keuntungan Budidaya Lele di Kolam Terpal

  • Tak memerlukan tempat besar serta bisa sesuai dengan kemampuan yang dipunyai, hingga di perkarangan rumah juga kita bisa membudidayakannya.
  • Cost yang dikeluarkan relatif lebih kecil.
  • Tak dipengaruhi oleh keadaan tanah, sebagian daerah barangkali memiliki kandungan tanah yang telah terkontaminasi dengan zat kimia serta tak steril dari hama.
  • Gampang dalam pengeringan serta ganti air supaya terus bersih.
  • Lebih fleksibel serta bisa dipindahkan bila diperlukan
  • Gampang dalam mendeteksi hama penyakit.
  • Gampang dalam mengamati perkembangan serta perubahan lele
  • Pada waktu panen bakal lebih gampang serta benar-benar praktis

Cara Ternak Ikan Lele 2 Bulan Panen


Kolam Terpal

Cara budidaya ikan lele di kolam terpal mesti sesuai dengan jumlah bibit lele yang bakal dikembangbiakkan. Upayakan kolam terpal nanti tetap tersisa area yang cukup untuk gerakan serta perubahan lele.

  1. Siapkan terpal sesuai sama ukuran yang di idamkan nanti.
  2. Kayu, batu bata, papan, atau kerangka besi yang lain.
  3. Tali, paku serta kawat atau alat penunjang untuk bikin kerangka. Bila kerangka kayu pasti mesti memerlukan palu serta barangkali gergaji.
  4. Alat yang lain seperti lem atau ember.

Bila anda sudah lakukan pembuatan kolam serta kerangka maka step setelah itu yaitu memastikan type budidaya serta ternak lele yang di idamkan. Dengan cara garis besar ada 2 type ternak lele yang dikerjakan oleh petani lele.

Ternak ikan lele untuk pembibitan. Maksud ternak ini yaitu membudidayakan lele untuk di jual lagi ke peternak yang lain dalam wujud bibit lele. Untuk budidaya bibit lele memanglah cukup beruntung, lantaran saat yang diperlukan tak terlampau lama. Ukuran lele 2-3 cm bisa didapat kurun waktu 1 bln., serta ukuran tengah 5-7 cm bisa didapat kurun waktu lebih kurang 2 bln..

Ternak ikan Lele untuk konsumsi. Lele yang dibudidaya untuk maksud di konsumsi, berarti budidaya dikerjakan hingga lele memiliki ukuran besar atau seimbang untuk ukuran konsumsi. Bila Anda mau berternak lele untuk maksud konsumsi, sebaiknya menentukan type lele yang ukurannya telah cukup tengah 6 – 7 cm su paya gampang serta cepat dikembangbiakkan. Dengan bibit lele ukuran tanggung maka untuk siap konsumsi bisa dipercepat panen dalam 45 hari dengan Produk Organik NASA..

Budidaya ikan lele memanglah cukup menjanjikan tetapi budidaya lele yang baik mesti mencermati beragam aspek. Pengetahuan bakal tempat dan air serta pakan ikan lele bakal benar-benar menolong keberhasilan ternak lele. Lele terhitung ikan air tawar yang mempunyai ketahanan badan yang kuat hingga tingkat kesuksesannya tambah baik dibanding budidaya type ikan yang lain.

Bila kolam terpal sudah disediakan, maka bagian budidaya ikan lele setelah itu yaitu sistem berikan air di kolam itu. Diluar itu juga terdapat banyak step untuk menentukan bibit lele yang baik.

Pemicu Kegagalan Budidaya Ikan Lele

Cara budidaya ikan lele barangkali sudah diikuti dengan benar serta cermat, tetapi aspek kegagalan tak bisa dihindari di semua jenis usaha, terhitung dalam ternak lele. Terdapat banyak aspek yang bisa sangat mungkin terjadinya kegagalan dalam beternak lele.

  • Hama yang ada dikolam. Hama ini bisa berbentuk bakteri yang mengganggu untuk kesehatan serta perkembangan ikan lele. Diluar itu, hama ini bisa berbentuk kucing atau binatang lain yang dilewatkan ada di seputar kolam.
  • Terburu buru yaitu satu diantara aspek kegagalan budidaya ikan lele. Mau memperoleh hasil yang cepat dengan berikan makan sebanyak-banyaknya malah beresiko untuk lele.
  • Tak memisahkan ukuran lele yang besar serta kecil.
  • Air tak sempat di imbuhkan atau ditukar bila sudah kering.

Cara budidaya ikan lele supaya cepat panen memanglah jadi tantangan, kesabaran dalam mengawali usaha ini diperlukan supaya berhasil. Apa pun itu, pengalaman ternak lele adalah guru paling baik buat anda. Bila anda sudah coba pasti bakal jadi mahir dalam berternak lele yang baik.

Kunci Kesuksesan Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal


Untuk mensupport kesuksesan budidaya ikan lele dalam kolam terpal, terdapat banyak panduan serta kunci yang dapat dipakai, yakni dengan menambahkan TON untuk formula untuk terapi air. TON yaitu pupuk spesial perikanan yang dipakai untuk pupuk kolam ikan. Product TON dapat dipakai untuk seluruhnya type media kolam, seperti kolam ikan media semen permanen, kolam ikan media terpal, kolam ikan media tanah, kolam ikan jenis bak dengan media tong atau drum serta lain sebagainya.

Pemberian pupuk spesial perikanan TON pada budidaya perikanan type apa pun bakal menolong membuat ekosistem kolam yang kondusif untuk perkembangan ikan. Di samping itu juga menolong mempercepat perkembangan plankton untuk pakan alami ikan. Menolong mengurai senyawa beracun yang dapat membunuh ikan. Menolong mempercepat perkembangan ikan hingga panen dapat jadi lebih cepat namun terus dengan bobot seperti yang ditargetkan. Dan menolong sediakan suplai oksigen terlarut dalam air hingga ekosistem kolam manjadi sehat.


Cara praktis aplikasi TON pada budidaya perikanan yaitu : Campur air 10 liter + 3 sendok makan TON. Setelah itu siram-siramkan atau percik-percikkan larutan TON itu ke seputar permukaan kolam ikan dengan cara rata. Aplikasi ini dikerjakan idealnya tiap-tiap 1 munggu sekali. Aplikasi dapat ditingkatkan intensitasnya jika tiba musim hujan. Setiap saat turun hujan tebarkan larutan TON untuk menetralkan asam yang terdapat pada air hujan yang masuk ke kolam ikan. Aplikasi larutan TON juga butuh dikerjakan pada waktu air kolam berbau menyengat.

Kunci selanjutnya yaitu berikan penambahan nutrisi serta vitamin untuk ternak ikan lele lewat pakan pelet. Nutrisi serta vitamin yang didapatkan yaitu Viterna Plus, POC Nasa serta Hormonik juga Tangguh Probiotik.

Baca Juga :
9 Cara Mudah Budidaya Ikan Hias Air Tawar

Pemberian TON, Viterna Plus, POC Nasa, Hormonik serta Tangguh Probiotik benar-benar menolong untuk menambah nafsu makan ikan hingga perkembangan ikan dapat dipercepat. Faedah lainnya yaitu menolong turunkan angka kematian ikan, menangani stress pada ikan, dan berikan penambahan mutu pada daging ikan yang dihasilkan dan rendah kolesterol. Dengan pemberian keempat vitamin itu bakal melindungi perkembangan ikan lebih seragam dan menolong mempercepat saat panen ikan, lantaran perkembangan ikan lele berjalan lebih cepat.

Dengan pemanfaatan produk Tangguh Probiotik Pakan Ternak dan Ikan akan meningkatkan tingkat rasa, aroma, kesukaan serta gizi pakan ikan lele. selain itu khasiat Tangguh Probiotik akan menyehatkan organ dan sistem pencernaan ikan lele sehingga lele mampu mencerna semua makanan yang dimakan dengan baik, mengurangi bau kotoran.


0 komentar