Cara Budidaya Bunga Mawar Dalam Pot


Cara Budidaya Bunga Mawar  Dalam Pot - Mawar (Rosa damascene Mill) merupakan tanaman bunga hias berupa herba dengan batang berduri. Mawar yang dikenal dengan nama bunga ros atau “Ratu Bunga" merupakan simbol kehidupan religi dalam peradaban manusia. Bunga mawar sendiri berkaitan erat dengan Indonesia. Tidak hanya dinikmati keindahannya saja namun juga bagian dari adat budaya yang ada.

Cara Budidaya Bunga Mawar  Dalam Pot
Gbr. Google Image

Jenis Tanaman Bunga Mawar


Dalam sitematika tumbuhan (taksonomi), mawar diklasifikasikan sebagai berikut:
  • Kingdom : Plantae
  • Divisi : Spermatophyta
  • Sub-Divisi : Angiospermae
  • Kelas : Dicotyledonae
  • Ordo : Rosanales
  • Famili : Rosanales
  • Genus : Rosa

Spesies : Rosa damascene Mill, R. multiflora Thunb, R. hybrid Hort, dll. Bunga mawar berasal dari dataran Cina, Timur Tengah dan Eropa Timur. Dalam perkebangannya, menyebar luas di daerah-daerah beriklim dingin (sub-tropis) dan panas (tropis). Di Indonesia berkembang aneka jenis mawar hibrida yang yang berasal dari Belanda. Mawar yang banyak peminatnya adalah tipe Hybrid Tea dan Medium, tipe ini memiliki variasi warna bunga yang cukup banyak, mulai dari putih sampai merah padam dan tingkat produktivitas yang tinggi: 120-280 kuntum bunga/m2 per tahun.

Manfaat Bunga Mawar


Ada beberapa manfaat yang harus kita ketahui sebelum memulai budidaya bunga mawar. Agar kita bisa lebih fokus jenis mana yang akan kita budidayakan.
  • Bunga Mawar Untuk Tanaman Hias Halaman (Outdoor)


Tanaman mawar untuk keperluan ini lebih diutamakan bau bunganya, bentuk bunga, warna serta bentuk kanopi pohonnya. Untuk itu harus dipangkas demi mempertahankan keindahan bentuk pohonnya. Selain itu untuk merangsang pembentukan bunga mawar itu sendiri.

Ada beberapa jenis bunga mawar sebagai tanaman hias di taman. Antara lain sebagai berikut: beberapa kelompok dari mawar kuno (old roses), mawar pagar (climbing roses), mawar teh (tea roses) dan mawar semak (shrub roses)

  • Bunga Mawar Sebagai Tanaman Hias dalam Pot


Bunga mawar untuk keperluan ini lebih mengutamakan ukuran pohon yang tidak terlalu tinggi (sehingga bisa dipakai diluar maupun didalam ruangan), bau bunganya, bentuk bunga, warnanya dan ukuran bunganya. Contoh mawar sebagai tanaman pot adalah: kelompok mawar Polyantha (baby roses), old roses, mawar pohon (tree roses) dan mawar mini atau biasa disebut sebagai mawar bonsai (miniature roses).

  • Bunga Mawar Sebagai Bunga Potong


Bunga mawar untuk keperluan ini lebih mengutamakan yang memiliki tangkai panjang dan tidak mudah patah, bentuk bunganya indah, ukuran bunga proporsional, helai mahkota bunganya rangkap, bunganya tidak terlalu cepat mekar (biasanya dipanen saat bunga setengah mekar), frekuensi berbunga dalam satu tahun tinggi atau berbunga sepanjang tahun.

Contohnya: mawar Hybrid Tea, kelompok mawar Floribunda dan mawar Grandiflora.

  • Bunga Mawar Sebagai Bunga Tabur


Semua kelompok bunga mawar bisa digunakan sebagai bunga tabur asalkan memenuhi kriteria syarat utama, yaitu bunganya haruslah wangi dan berwarna indah. Seringkali dijumpai bahwa bunga mawar tabur sudah berupa sudah berupa helai-helai bunga saja (petal).

  • Bunga Mawar Sebagai Bahan Parfum dan Obat-obatan


Hampir semua kelompok mawar bisa digunakan untuk keperluan bahan baku parfum (dengan mengekstraksi minyak mawar). Dan sebagai bahan baku obat asalkan mengandung zat antibiotika atau senyawa kimia penting yang dibutuhkan seperti sitral, sitronelol, geraniol, linalool, nerol, eugenol, fenil etil alcohol, farnesol dan nonilaldehid (untuk bahan baku obat ataupun jamu tradisional).

Daerah yang menjadi pusat penanaman bunga mawar berada di kawasan Alaska, Siberia, India, Afrika Utara dan Indonesia. Sedangkan pusat penanaman bunga potong, bunga tabor dan tanaman pot di Indonesia dihasilkan dari daerah Jawa barat, Sumatera Utara, Jawa tengah, Jawa Timur dan Jakarta.

Cara Budidaya Bunga Mawar  Dalam Pot
Gbr. : Google Image 



Baca Juga :

Cara Budidaya Vanili Raup Jutaan RupiahCara Menanam Vanili Di Lahan SempitCara Agar Tanaman Dalam Pot Cepat Berbuah

Media Tanam Budidaya Bunga Mawar


Penanaman dilakukan secara langsung pada tanah secara permanen di kebun atau di dalam pot. Tanaman mawar cocok pada tanah liat berpasir (kandungan tanah liat 20-30%), subur, gembur, banyak bahan organik, aerasi dan draenase baik.

Derajat keasaman tanah yang ideal adalah pH=5,5-7,0. Pada tanah asam (pH 5,0) perlu pengapuran kapur Dolomit, Calcit ataupun Zeagro dosis 4-5 ton per hektar.

Pemberian kapur bertujuan menaikkan ph tanah, menambah unsur-unsur Ca dan Mg, memperbaiki mikroorganisme, memperbaiki bintil-bintil akar, mengurangi keracunan Fe, Mn dan Al serta menambah ketersediaan unsur-unsur P dan Mo. Tanah berpori-pori akan sangat dibutuhkan oleh akar mawar.

Ketinggian Lahan Budidaya Bunga Mawar

Ketinggian tempat juga mempengaruhi terhadap budidaya bunga mawar. Berikut adalah strandar ketinggian yang baik pada budidaya. Antara lain sebagai berikut:

Ketinggian 560-800 mdpl, suhu udara minimum 16-18 derajat C dan maksimum 28-30 derajat C.
Ketinggian 1100 mdpl, suhu minimum 14-16 derajat C, maksimum 24-27 derajat C.
Ketinggian 1400 mdpl, suhu udara minimum 13,7-15,6 derajat C dan maksimum 19,5-22,6 derajat C.
Di daerah tropis seperti Indonesia, tanaman mawar akan tumbuh dan produktif berbunga di dataran rendah sampai tinggi (pegunungan) rata-rata 1500 mdpl.

Cara Budidaya Bunga Mawar Dalam Pot


Untuk menanam mawar dengan media pot, pilihlah pot bunga yang terbuat dari tembikar, tanah liat maupun semen cor. Jika pot bunga berbahan plastik sebaiknya pilih yang memiliki lubang sebagai sirkulasi udara.

  • Isilah pot dengan beberapa bahan, yaitu: campuran tanah, pasir, serta pupuk kandang yang sudah difermentasikan dengan perbandingan komposisi 1 : 1 : 1.
  • Tambahkan juga pecahan bata atau bebatuan kecil yang ditempatkan di dasar pot, tujuannya adalah agar saat kamu menyiram tanaman bunga mawar, kelebihan air di dalam pot dapat lebih cepat keluar melalui lubang yang ada di dasar pot dan juga memudahkan sewaktu pemindahan tanaman ke pot atau media tanam baru. Dengan demikian akar tanaman terhindar dari pembusukan akibat pot bunga terlalu lembab.
  • Sebaiknya kamu menggunakan bibit yang sudah siap tanam, tetapi bisa juga menggunakan bibit hasil stek sendiri.
  • Seteleh itu tanam bibit pada pot yang sudah disediakan, urug dengan campuran media tanam, kemudian tekan tanah bagian tepi batang secara kuat.
  • Selanjutnya sirami tanaman, taruh pot di tempat yang mendapatkan sinar matahari pagi secara penuh.
  • Budidaya bunga mawar dengan media pot juga memerlukan pergantian media tanam serta memotong akar setia 1 atau 2 tahun sekali agar bunga mawar kamu tetap terjaga pertumbuhan dan kesuburannya.
  • Untuk mencegah pembusukan akar yang disebabkan oleh berbagai bakteri penyakit yang dapat menyerarang tanaman mawar, penyiraman dapat ditmbahkan denga larutan asam bensoat pada air tersebut.

Semoga artikel diatas bermanfaat untuk sedulur semua .. sukses selalu.. 


0 komentar