Cara Pemupukan Padi Ciherang Merk Janger Hasilkan 17 Ton

Benih padi varietas Ciherang merupakan salah satu varietas yang banyak ditanam oleh petani di Indonesia karena mempunyai banyak kelebihan. Beberapa kelebihan varietas Ciherang adalah Menghasilkan beras yang pulen dan enak. Mampu beradaptasi di segala tempat kondisi alam.Umurnya yang relatif lebih singkat.

Malai yang banyak serta bulirnya juga banyak. Salah satu produk benih padi varietas Ciherang yang mempunyai kelebihan yang lebih adalah varietas Ciherang merek JANGER.

Produk ini merupakan benih padi varietas Ciherang yang masuk dalam kategori Premium, karena kelebihannya yang melebihi rata-rata produk benih padi varietas Ciherang. Benih ini diproduksi dari penangkaran benih padi kualitas super cap "JANGER" , benih padi cap janger ini menghasilkan anakan lebih banyak, pertanaman lebih sehat, lebih tahan terhadap serangan hama penyakit dan berpotensi hasil panen yang tinggi, karena berasal dari benih yang super.

Cara Pemupukan Padi Ciherang Merk Janger
Gbr. Google Image : Padi Ciherang



Contohnya padi varietas Ciherang yang ditanam kang tani menunjukkan peningkatan hasil yang signifikan dibandingkan sebelumnya. Menurut nya kunci keberhasilannya adalah pada pemupukan dan pola penanaman. Pupuk diberikan secara berimbang sesuai dengan kebutuhan tanaman, serta waktu pemupukan harus tepat. 

  • Pemupukan Padi Ciherang


Dalam budi daya padi diperlukan bermacam - macam pupuk, yaitu pupuk : 


Cara Pemupukan Padi Ciherang Merk Janger
Gbr. Google Image : Pemupukan

  1. Organik berfungsi untuk memperbaiki fisik kesuburan tanah; 
  2. Urea/ pupuk N (niteogen) berfungsi untuk merangsang pertumbuhan tanaman secara keseluruan dan kususnya batang, cabang, dan daun serta membantu menghijaukan daun dengan sempurna dan dapat membantu fotosintesis; 
  3. SP36 berfungsi untuk pertumbuhan akar kususnya tanaman muda dan dapat membantu asimilasi dan pernafasan serta mempercepat pembungaan dan memasakan buah; 
  4. Organik Cair atau POC digunakan untuk menambah unsur - unsur mikro dan sesuai dengan tanaman padi; 
  5. KCL atau Kalium yang berfungsi untuk memperkuat tanaman agar daun,bunga,dan buah tidak mudah gugur, juga menjadikan tanaman lebih tahan terhadap kekeringan dan pemasakan buah.

  • Jumlah Pupuk dan Waktu Pemupukan Padi Ciherang.


Dalam melakukan pemupukan diperlukan cara-cara mengatur komposisi pupuk yang benar, yaitu: 

  1. Pemupukan pertama, pupuk Urea 100kg/hektar, SP36 100kg/hektar, waktunya diberikan 1 hari sebelum tanam; 
  2. Pemupukan ke 2 Urea 100kg/hektar, waktunya 15 hari sesudah tanam, dengan cara di semprotkan;
  3. Pemupuken ke 3 Urea 100kg/hektar, waktunya padi berusia 45 tahun setelah tanam, dengan cara di semprotkan ke tanaman.

Secara keseluhan pemberian pupuk dilakukan 3 kali, yaitu sebagai pupuk dasar, pada umur 15-20 hari setelah tanam (HST) dan umur 40-50 HST. Meskipun air irigasi melimpah, Para petani tidak lantas tergoda untuk menanam padi secara terus menerus. 

Cara Pemupukan Padi Ciherang Merk Janger
Gbr. Google Image : Padi Siap Panen


Sistem penanamannya jejer legowo 6:1. Setiap 6 baris tanaman padi diberi jarak sebelum 6 baris berikutnya. Jarak tanamnya 24 cm yang pada umumnya hanya 22 cm. Sedangkan setiap lubang tanam hanya ditanam 1-2 bibit padi.System penanaman ini secara kenampakan fisik menunjukan perbedaan dibandingkan penanaman lainnya. Kalau diamati ada perbedaan, anakannya rata-rata sebanyak 25 batang sedangkan lainnya 22 batang sudah bagus.

Semoga Bermanfaat... Sukses selalu untuk sedulur bertaniyok.. 

2 comments