Harga Vanili Terbaru Sentuh Harga Fantastis

Menurut importir dan eksportir tanaman holtikultura stok vanili di indonesia sangatlah sedikit, padahal kebutuhan akan vanili ini sangatlah banyak seiring dengan kebutuhan pangan. Sebab vanili sangat banyak dimanfaatkan dalam hal pangan.

Pemanfaatan vanili di dominasi oleh para produsen roti, sebab vanili adalah bahan alami pewangi dan juga penyedap roti dan cake. Menurut Sulut Allo dumang seorang eksportir asal bitung ini, mengatakan beliau harus keliling nusantara untuk mendapatkan vanili yang siap jual. 

Di sulawesi yang tergolong sebagai daerah pemasok vanili terbesar, saat ini tak mampu memenuhi permintaan pasar, sehingga Allo harus rela menerobos pedalaman papua guna mendapatkan vanili yang siap jual tersebut.

Harga Vanili Terbaru Sentuh Harga Fantastis
Google image : Vanili kemasan


Banyak para petani vanili yang saat ini menyesal, pasalnya seandainya dahulu mereka tidak membabat habis vanili mereka karena harga yang sangat anjlok hanya kisaran Rp. 5.000 per kilo gramnya , pasti saat ini para petani vanili sudah mengeyam manisnya harga vanili.

Dahulu daerah sebagai pemasok terbesar vanili ini adalah sumatra namun karena harga pada waktu itu relatiif sanngat murah maka vanili pun di musnakan. Harga vanili saat ini sangat fantastis menembus harga Rp. 3.500.000 per kilogram nya untuk jenis vanili kualitas super, untuk yang berkualitas nomor dua berkisar antara 1 hingga 2 juta.



Harga Vanili Terbaru Sentuh Harga Fantastis
Gbr Google Image : Proses pengeringan vanili

Berikut ini Harga vanili nasional


Untuk daerah tertentu yaitu Sulawesi utara (sulut) harga vanili menembus harga Rp. 3.5000.000 perkilogramnya. Harga yang sangat Fantastis untuk sebuah komoditi pertanian.

Bagi para petani yang ingin budidaya vanili sangatlah penting untuk mempelajari terlebih dahulu tips dan trik yang benar dalam menanam vanili  ini agar kualitas vanili nusantara tetap terjaga dan selalu menjadi komoditi andalan petani.

Sebab merawat vanili ini perlu ektra . sekian semoga bermanfaat silahkan like atau share jika ini bermanfaat.

0 komentar