Cara Pemupukan Padi 60 Hari Panen

Cara Pemupukan Padi agar 60 Hari Panen para petani perlu memperhatikan apa saja jenis pupuk yang harus di pahami dan bagaimana pengelolaan lahan yang benar, sehingga akan mempercepat pertumbuhan padi sesuai dengan targaet 40 hari panen. Banyak sekali jenis pupuk di pasaran, yang pada dasarnya semua bagus namun ada yang sangat dominan yang wajib di terapkan dalam pemupukan padi. Adapun dosis pemupukan untuk seluruh tanaman padi sawah untuk satu hektar yaitu, 500 kg petroganik, 270 kg Phonska, serta 180 kg pupuk UREA.


Atau bisa juga pupuk UREA dikurangi menjadi 135 kg dan ditambah pupuk ZA sebanyak 90 kg. Jadwal pemupukannya yaitu ketika tanaman padi sudah berumur 1-2 minggu, biasanya setelah tanaman padi mulai menghijau. Kalau tidak ada pupuk jenis tersebut, anda bisa menggunakan UREA saja dulu, kemudian bisa ditambah untuk pupuk susulan.

Untuk pupuk susulan dapat diberikan setelah tanaman padi berumur sekitar 1 bulan dengan pupuk PHONSKA dosis 150 kg dan 50 kg pupuk UREA per hektar. Waktu pemupukan tanaman padi yang benar adalah sebaiknya jangan terlalu pagi, kira-kira jam 8-10 pagi ketika embun sudah menghilang. Kalau tidak pagi bisa juga sore sekitar jam 5. Selain itu juga harus diperhatikan kondisi cuaca, misalnya musim hujan tiba, maka jika musim hujan pemupukan ditahan dulu agar pupuk yang kita tebarkan tidak sia-sia.

Cara Pemupukan Padi 60 Hari Panen

Tunggulah sampai kondisi cuaca stabil dan kering. Jika ada aliran air irigasi yang masih hidup agar ditutup dulu ketika hendak memberikan pupuk pada tanaman padi sawah ini. Jadi pada intinya pemupukan padi ini kondisi sawah harus kering untuk sementara waktu.

Kenapa pupuk urea sangat di kurangi sebab konsentrasi urea adalah pada pembentukan daun sehingga jika daun padi sehat maka bisa di kategorikan padi pun sehat. Selain pemupukan padi yang benar wajibb di ketahui maka panen padi yang tepat pun wajib di ketahui, agar hasil padinya bisa maksimal baik dari bobot hingga pada kualitas padi itu sendiri.

Pemanenan gabah yang ideal dilakukan bila :
  • Sudah 90 % masak fisiologis,artinya 90 % gabah telah berubah warna dari hijau menjadi kuning. 
  • Bila dihitung dari masa berbunga, telah mencapai 30-35 hari. 
  • Bila dihitung dari sejak sebar sampai umur sesuai dengan deskripsi varietas. 
  • Keringkan sawah kira-kira 1 minggu menjelang panen,agar memudahkan pelaksanaan panen. 
Sekian cara pemupukan padi 60 hari panen semoga bermanfaat..

0 komentar