Cara Tanam Kangkung Cabut Di Polybag

Cara Tanam Kangkung Cabut Di Polybag sendiri cukup sederhana. Yang pertama adalah menyiapkan berbagai kebutuhan untuk melakukan proses penanaman. Misalnya saja polybag itu sendiri, tanah yang sudah dicampur bokashi dan air. Selain itu, yang harus disediakan adalah bibit kangkung serta obat anti hama tanah atau banyak dikenal dengan istilah furadan (poradan).

Setelah semua siap, tanah yang sudah dicampur bokashi dengan perbandingan 2 :1 itu di taburi dengan obat anti hama. Tujuannya adalah untuk mencegah masuknya hama yang berasal dari tanah. Kemudian, aduk tanah yang sudah dicampur tersebut dan masukkan ke dalam polybag.


Bila tanah sudah dimasukkan ke dalam polybag, segera siram menggunaakn air hinga rata. Masukkan biji kangkung ke dalam tanah dengan cara dibenamkan sedalam 2 cm kemudian ditutup dengan tanah tipis. Untuk setiap lubang, diisi dengan 7-8 biji kangkung.

Dalam cara menanam kangkung di polybag ini, proses penyiraman dilakukan 3-4 hari setelah tanam. Dan bila sudah tumbuh, disiram setiap 2 hari sekali. Pemupukan dilakukan seminggu setelah penanaman menggunakan pupuk urea.

Pemanenan pertama dilakukan setelah umur 35 hari. Dan untuk pemetikan berikutnya, bisa dilakukan 2 minggu sekail. Proses ini bisa dilakukan sampai usia kangkung mencapai 1 tahun.


Cara Tanam Kangkung Cabut Di Polybag 

  • Untuk proses penanaman kangkung dalam polybag sangatlah mudah. Kita bisa menyemai benihnya terlebih dahulu pada tanah atau langsung menanamnya dalam polybag agar lebih praktis. Berikut ini adalah proses menanam kangkung dalam polybag :
  • Siapkan alat dan bahan terlebih dahulu dan letakkan media tanam dalam polybag. Sebelum ditanami bibit kangkung media tanam yang diletakkan dalam polybag sebaiknya didiamkan terlebih dahulu selama dua hari.
  • Setelah didiamkan selama dua hari, bibit kangkung siap untuk ditanam dalam polybag. Jika melalu proses penyemaian terlebih dahulu maka tanaman bibit dipindahkan secara hati-hati ke dalam polybag. Jika menggunakan benih, buatlah tiga lubang pada media tanam dalam polybag dengan menggunakan jari telunjuk sedalam 10 hingga 15cm. masukkan benih kangkung dalam lubang yang telah dibuat tersebut masing-masing dua benih pada setiap lubang. Setelah benih diletakkan tutup bagian atas lubang dengan tanah atau media tanam dalam polybag tersebut.
  • Biarkan benih kangkung tumbuh dan jangan lupa untuk menyiramnya dua kali sehari. Merawat tanaman kangkung tidaklah sulit karena tanaman ini mudah tumbuh. Kita hanya perlu membersihkan polybag sesekali dari gulma dan rumput liar yang tumbuh didalamnya.
  • Setelah 25 hingga 30 hari tanaman kangkung yang sudah tumbuh lebat dapat dipanen dan dikonsumsi. Cara memanennya juga sangat mudah, cabut tanaman kangkung sampai akarnya atau jika ingin menanennya untuk kedua kali tak perlu mencabut tanaman sampai akarnya, cukup petik pada bagian batang atasnya.

Mudah bukan? Jadi tunggu apalagi mulailah menanam tanaman sayur yang kita konsumsi sendiri dirumah dan jika kita bisa memproduksinya dalam jumlah banyak tanaman kangkung organic dalam polybag tersebut juga bisa mendatangkan keuntungan.

0 komentar