Cara Menanam Cabe Rawit Agar Hasil Melimpah

Cara Menanam Cabe Rawit Agar Hasil Melimpah : Cabe rawit adalah tanaman berbatang keras yang masuk kategori tanaman holtikultura, cabe sangat banyak di konnsumsi masyarakat indonesia walau rasanya sangat pedas, nah justru hal ini lah yang membuat masyarakat indonesia sangat menggemari tanaman cabe rawit ini. Dalam hal kebiasaan makan bagi masyarakat indonesia cabe sudah menjadi satu kewajiban sebagai tambahan bumbu masakan atau bisa disebut dengan penyedap masakan.

Sedulur bertaniyok saya yakin juga sangat menyukai pedasnya cabe rawit ini sabagai penambah nafsu makan. bagi para pecinta rasa pedas jika makan tanpa ada cabe tentu makanan tersebut terasa hambar, serasa ada yang kurang dalam menikmati makanan yang dihidangkan. Apalagi jika kita sedang makan mie atau makan makanan yang berkuah, jika tak ada sambal cabe rawit yang bisa bikin wajah kita berkeringat terasa ada yang kurang.

Cara Menanam Cabe Rawit Agar Hasil Melimpah

Harga cabe rawit saat ini sangat fatastis , di berbagai daerah tertentu mampu menembus harga di luar nalar, harga yang melambung banyak di pengaruhi oleh faktor sedikitnya bahan baku (kurangnya cabe rawit) di pasaran sedangkan peminat cabe rawit ini sangat banyak. Makan bakso tak sedap jika tak ada sambal yang pedas. 

Cara menanam cabe rawit bukan sesuatu yang sulit jika kita mengetahui tata cara dalam hal tanam-menanam. Tanaman yang selalu mengalami harga fantastis ini sangat layak di budidayakan, walau harga nya tak sefantastis harga vanili yang menembus harga jutaan dalam perkilonya namun tanaman ini layak juga untuk di budidayakan sebagai penopang kebutuhan hidup kita sehari-hari.

Cara Menanam Cabe Rawit.

Cara menanam cabe rawit tidaklah sulit, hanya ada hal-hal yang perlu dipersiapkan agar apa yang kita harapkan cabe rawit berbuah lebat dan hasil melimpah ini bisa terwujud. Hal yang perlu diperhatikan tersebut adalah sebagai berikut.

  • Pemilihan Lahan atau Lokasi tempat menanam cabe rawit
Kenapa ini harus diperhatikan ?, sebab kondisi tanah dan juga kebutuhan hidup tanaman cabe rawit bisa terpenuhi. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih lahan adalah :

  1. Lokasi tanah 200 - 300 meter diatas permukaan laut, sebab di ketinggia inilah cabe rawit akan mampu tuhbuh dengan lebat dan melimpah.
  2. Sebagaimana tanaman yang lain cabe rawit sangat membutuhkan suhu antara 24 hingga 27 derajat sebagai suhu ideal tumbuh kembang nya.
  3. Selalu memperhatikan kelembapan tanah sekitar tanaman cabe rawit tersebut agar tetap setabil
  4. Tanah harus penuh dengan undur hara bisa di sawah,peladangan atau pekarangan rumah sedulur bertaniyok semua.
  5. Yang sangat perlu diingat adalah bahwa cabe rawit sangat membutuhkan sinar matahari secara langsung sebagai sarana pembakaran bahan makanan, jadi bersihkan tanaman yang bisa menggangu sinar matahari tersebut
  6. PH tanah harus antara 5 hingga 7 dalm ukuran ini tanah dalam keadaan netral tidak asam.
Setelah semua terpenuhi selanjutnya kita masuk dalam poin berikutnya 

  • Pengolahan Media Tanam
Langkah ini tentu wajib diperhatikan sebab efek yang akan di timbulkan sangat luar biasa bagusnya sehingga wajib sedulur bertaniyok mengikuti langkah-demi langkah nya.

  1. Penggemburan Tanah ; hal ini bisa dilakukan dengan cara mencangkulnya atau membajak lahan baik dengan tenaga hewan atau tenaga mesin, setelah lahan sudah digemburkan maka diamkan dalam kurun waktu 2- 5 hari.
  2. Untuk tanah yang ukuran netral-nya dibawah 5 maka harus di netralkan dulu hingga ph tanah sampai 5 - 7 dengan cara menaburkan kapur dolomite dan diamkann selamma semingu agar kapus tercampur sempurna dengan tanah.
  3. Campurkan pupuk kandang atau pupuk organik dengan perbandingan 1 ton per hektar agar kebutuhan hara dalam tanah terpenuhi.
  4. Pemupukan ini juga harus di diamkan selama seminggu agar pupuk bercampur sempurna dengan tanah.
  5. Buatlah bedengan dengan lebar  1 meter dan luas 30 cm untuk pajang bedengan sesuaikanlah dengan lahan yang ada.
  6. Jarak anatara bedengan satu dengan yang lainnya usahakan 60cm hinggga 80 cm sebagai jalan dalam merawat cabe rawit.
  7. Tutup dengan mulsa  plastik kemudian buat lubang dengan kaleng susu denan jarak 50cm atau 60 cm.
  8. Diamkan lahan setelah di tutup mulsa plastik selama satu minggu sebelum sedulur menanaminya.
  • Penyemaian Bibit Cabe Rawit
Sebelum sedulur bertaniyok meyemai bibit cabe rawit ada baiknya sedulur memilih bibitnya dengan bibit yang berkualitas atau biasa disebut dengan bibit hibrida. Setelah itu rendamlam bibit dengan POC Nasa dengan takaran setiap satu tutup POC Nasa campur dengan satu liter air hangat untuk merangsang pertumbuhan kecambah lebih cepat.

Setelah bibit berkecambah maka semaikan cabe rawit dengan posisi menghadap ke timur, jadi area penyemaian melajur kearah timur dan barat, kemudian beri naungan dari plastik. 

Cara Menanam Cabe Rawit Agar Hasil Melimpah
Gbr. Google Image : Penyemaian bibit Cabe Rawit


Untuk media penyemaian tanah harus di campur dengan pupuk kandang dengan perbandingan 1:3 (1 Pupuk 3 Tanah). Masukkan media tadi kedalam polybak ukuran 4x 6 cm. Kemudian masukkan bibit yang sudah berkecambah tadi kedalam polybak. 

  • Cara Menanam Cabe Rawit Ke Lahan Bedengan
Cabe rawit yang disemai dan sudah berumur 4 minggu atau satu bulan biasanya sudah siap untuk di pindahkan kelahan tanam. Pilihlah tanaman yang subur dan bebas hamma dengan ciri berdaun hijau segar dengan jumlah daun setiap batang 2 hingga 6 daun.

Yang perlu diperhatikan adalah tanamlah bibit cabe rawit dengan melepaskan polybak dengan hati-hati dan lakukan di pagi hari sebelum jam 9 dan sore hari setelah jam 3:30 , hal ini untuk menghindari layu atau mati bibit tersebut. 

Perawatan cabe rawit sangat dibutuhkan , misalkan ada yang mati maka perlu penyulaman atau pemupukan 

  • Pemanenan Cabe Rawit
Cabe rawit akan siap panen jika suddah berumur 60 hingga 80 hari setelah tanam, pemanenan dapat dilakukan setiap 2 atau 3 hari sekali, namun panenlah hanya yang sudah tua saja tapi jangan terlalu tua . Kemudian simpan di tempat sejuk dan kering untuk mengindari busuk dan berjamur.

Demikian tadi cara menanam cabe rawit semoga bermanfaat, untuk bisa mendapatkan buah yang lebat sedulur bertaniyok bisa baca artikel Budidaya Cabe Rawit Cara Ini Hasilkan Buah Lebat, Selamat bertani semoga hasilnya berlimpah dan untuk banyak . Salam sedulur tani.

0 komentar