Budidaya Cabe Rawit Cara Ini Hasilkan Buah Lebat

Budidaya Cabe Rawit Cara Ini Hasilkan Buah Lebat | Sugeng Rawuh Sedulur Bertaniyok, Disini kita saling berbagi dan berdiskusi seputar pertanian. Kali ini admin akan membahas tentang trik rahasia budi daya cabe rawit. 

Dalam artikel kali ini, saya akan membagikan trik khusus, cara budidaya cabe rawit agar cepat berbuah lebat dan tumbuh sehat. Cara untuk membuat tanaman cabe anda cepat berbuah lebat ini tentunya tidak terlepas dengan teknik penanaman cabe yang anda lakukan. Mungkin anda menanam cabe di halaman rumah, anda menanamnya di dalam pot/polybag. Atau bahkan  anda telah mampu menerapkan cara menanam cabe secara hidroponik.

Budidaya Cabe Rawit Cara Ini Hasilkan Buah Lebat

Cara Agar Cabe Rawit Berbuah Lebat


Dari beberapa teknik di yang dilakukan tentunya ada perlakuan berbeda yang harus diberikan pada tanaman anda tergantung dari jenis teknik dan media tanam yang digunakan.

Admin tidak akan secara detail membahas satu persatu perlakuan khusus terhadap beberapa teknik menanam cabe tersebut tetapi hanya akan memberikan trik secara umum yang berlaku pada semua teknik agar tanaman cabe anda bisa menghasilkan buah yang lebat.

Baik langsung saja kita bahas rahasianya untuk membuat tanaman cabe anda berbuah lebat.

Budidaya Cabe Rawit Cara Ini Hasilkan Buah Lebat
Gbr. Google Image : Budidaya Cabe Rawit Dalam Pot

Cara Merawat Cabe Rawit Agar Cepat Berbuah Lebat


Ada tiga faktor penting yang harus diperhatikan agar tanaman cabe anda cepat berbuah lebat, yaitu:

1. Asupan air dan Nutrisi pada tanaman cabe rawit.

Terkadang ketika kita mendapati tanaman cabe kita telah tumbuh subur dan nampak bakal buahnya, sering beranggapan bahawa pekerjaan kita sudah selesai. Padahal asumsi itu keliru. Justru ketika tanaman cabe sudah mulai nampak berbuah kita harus memberikan perhatian ekstra terutama perihal asupan air dan nutrisinya.

Sering sekali masalah muncul seperti rontok bakal buah, layu cabang, ini semua dikarenakan asupan air yang kurang. Kemudian tentang asupan nutrisi pada tanaman cabe yang sedang mulai berbuah juga harus diperhatikan.

Bukannya tak baik menggunakan pupuk kimia, akan tetapi saya menyarankan anda memakai pupuk organik seperti kompos dari daun-daunan atau pupuk hasil olahan limbah rumah tangga.

2. Perawatan tanaman cabe rawit


Perawatan tanaman di sini berarti adalah memberikan perhatian khusus terhadap perkembangan dan pertumbuhan cabe rawit. Termasuk di dalamnya antara lain:

  • Memotong cabang-cabang tanaman cabe yang layu dan mati
  • Memangkas dan membersihkan tanaman cabe dari daun-daun yang sudah kering atau daun mati yang biasanya ada pada pangkal batang
  • Memangkas tunas-tunas susulan. Mungkin ada rasa 'eman-eman' atau sayang, tetapi perlu ditegaskan lagi bahwa fokus tujuan kita menanam cabe bukan untuk sekedar melihat rimbunnya daun/suburnya tanaman tetapi mendapatkan buah yang lebat dan rimbun.
  • Memberikan penopang/sangga untuk membantu tanaman cabe tetap berdiri tegak manakala perakarannya tidak terlalu kuat atau buahnya sudah terlihat membebani cabang dan batang tanaman cabe.

3. Mengatasi gulma dan hama pada tanaman cabe


Gulma (rumput) atau tanaman pengganggu adalah tanaman liar yang ikut mengkonsumsi nutrisi dan zat hara tanah serta mengganggu pertumbuhan tanaman cabe rawit. Ada dua teknik yang biasanya dilakukan, yaitu menyemprotnya dengan pestisida kimia atau melakukan penyiangan secara manual. 

Admin sarankan untuk melakukannya secara manual saja, karena selain murah dan tidak berdampak jelek pada kondisi tanah juga anda bisa lebih intensif dalam memperhatikan kondisi tanaman. Yang sangat perlu diperhatikan dalam penyiangan adalah bahwa tidak semua gulma harus dibasmi.

Ada beberapa gulma yang ternyata mempunyai manfaat mengendalikan hama secara hayati pada areal penanaman cabe. Cabut dan bersihkan tanaman-tanaman lain yang tumbuh hanya di sekitar perakaran dan tanaman cabe.

Jika ketiga metode yang admin sebutkan di tadi anda terapkan dengan benar, insya Allah panen cabe anda akan bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal dibanding sebelum-sebelumnya. Tetapi, sekali lagi saya tegaskan tidak ada satu metode paling jitu dan ampuh untuk diterapkan semua orang. 

Ada kalanya berhasil untuk si A tetapi berbeda hasilnya saat diterapkan oleh si B. Maka dari itu proses percobaan perlu dilakukan. Maka, jangan ragu dan jangan lelah mencoba.


Demikian artikel Budidaya Cabe Rawit Cara Ini Hasilkan Buah Lebat. Terima kasih sudah berkunjung dan berkenan membaca artikel ini. Mohon dimanfaatkan kolom komentar di bawah postingan ini untuk berdiskusi tentang hal ini. Semoga sukses untuk semuanya.

0 komentar