Cara Budidaya Vanili Sukses Raup Jutaan Rupiah

Cara Budidaya Vanili Sukses Raup Jutaan Rupiah ; Varietas yang satu ini mungkin belum begitu banyak di ketahui oleh kalangan para petani tradisional. Vanili adalah sebuah varietas yang sejenis dengan bunga anggrek yang hidup dengan menjalar pada sebuah batang atau tiang yang ada di dekatnya. Vanili saat ini sudah banyak dikembangkan oleh para petani modern dengan cara dan trik yang lebih canggih (modern). 

Vanili yang biasa kita kenal biasanya sudah dalam bentuk serbuk putih yang biasa di gunakan sebagai pengharum makanan, seperti kue atau cake. Bentuk sebelum jadi nampak pada gambar di bawah ini. Namun jika sudah di ekstrak akan dikemas dalam bentuk yang berbeda, seperti yang biasa kita kenal dan kita beli di warung atau supermarket.

Cara Budidaya Vanili Sukses Raup Jutaan Rupiah
Gbr. Google Image : Vanili

Cara Budidaya Vanili 


Banyak cara budi daya vanili di terapkan oleh para petani vanili. mulai dari yang masih tradisional hingga yang sudah menggunakan teknologi modern. Jika kita budidaya vanili dengan cara tradisional tentu membutuhkan lahan yang relatif cukup luas, namun jika kita mau membudidayakannya dengan cara modern tentu itu berbeda. Lahan tak harus lebar dan tentu agak sedikit banyak biayanya. 

Walau sedikit mahal dalam menjalankan budidaya vanili ini dengan sistem modern, di topang dengan harga vanili yang cukup fantastis mampu menutupi biaya penanaman hingga perawatan dan pemanenan sehingga masih bisa mendapatkan keuntungan jutaan rupiah.

Cara Budidaya Vanili Secara Tradisional


Cara ini tentunya yang pertama di butuhkan adalah lahan yang cukup luas , misalnya setengah hektar atau bisa jadi satu atau dua hektar. Kenapa hal ini harus menggunakan lahan yang cukup luas sebab budidaya vanili dengan sistem atau cara tradisional sangat mengandalkan alam sehingga butuh ruang yang luas karena jarak tanam yang mesti lebar.

Cara Budidaya Vanili Secara Tradisional
Gbr. Google image ; Budidaya Vanili Secara Tradisional


Jarak tanam yang ideal untuk budidaya vanili secara tradisional adalah 1 sampai 2 meter persegi, karena tanaman vanili dalam ruang bebas juga membutuhkan tanaman pelindung agar cepat dalam masa pertumbuhan, sehingga butuh ruang yang luas.  Untuk tahab awal dalam metode ini yang sangat perlu di persiapkan adalah tajar ( tiang untuk tumbuh kembang vanili) sebagai tempat untuk merambat pohon vanili ini.

Setelah semua tajar dipersiapkan dengan jarak 1-2 meter maka langkah selanjutnya adalah mempersiapkan lobang untuk menanam vanili. Sebaiknya lobang tersebut di beri pupuk kandang terlebih dahulu agar pertumbuhannya maksimal.

Dalam masa pertumbuhan yang perlu diperhatikan adalah senantiasa merawat rumput yang tumbuh di sekitaran batang vanili, sebab jika tidak segera di bersihkan akan menggangu kesehatan dan pertumbuhan vanili tersebut.

Sangatlah penting untuk diperhatikan cara merawat vanili dengan benar sebab jika pertumbuhan vanili tidak benar maka akan berdampak lamanya massa pembuahan.

Rata-rata vanili yang sehat akan siap berbunga dan berbuah dalam masa 3 tahun, dengan cara perawatan yang benar. Namun jika dalam perawatan yang kurang maksimal bisa jadi lebih lama lagi.

Cara Budidaya Vanili Secara Modern


Cara ini hampir sama dengan Cara Budidaya Vanili Secara Tradisional hanya perbedaanya adalah, jika cara tradisional butuh lahan cukup luas, namun untuk cara ini dengan lahan sempit pun bisa di budidayakan. Untuk cara modern ini memang banyak di gunakan dalam pertaian modern yang biasa di terapkan oleh penduduk perkotaan yang gemar bertani, namun dengan lahan sempit.

Cara Budidaya Vanili Secara Modern
Gbr. Google image : Budidaya Vanili Secara Modern


Jarak tanam yang biasa di terapkan adalah 0,5 meter persegi dengan sistem perawatan yang sangat maksimal. Pasalnya dengan sistem modern sangat banyak membutuhkan nutrisi atau pupuk . Akibatnya biaya relatif agak lebih mahal dibanding dengan Cara Budidaya Vanili Secara Tradisional.

Demikian cara budidaya vanili sukses raup jutaan rupiah, Terimakasih sudah berkunjung semoga artikel ini membawa manfaat dan silahkan baca artikel-artikel lainnya di bertaniyok ini dengan nyaman. Kritik dan saran sangat admin harapkan , Salam sukses bertani.

0 komentar